Mengenal Beragam Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

Mengenal Beragam Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat mengkudu untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Sekalipun dikenal sebagai buah beraroma busuk yang amat menyengat, namun kekayaan manfaatnya menjadi alasan mengapa buah ini tak pernah ditinggalkan.

Sejak berabad-abad lamanya, buah mengkudu sering kali dipilih menjadi solusi untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Hal itu dikarenakan, buah mengkudu menyimpanan banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan.

Inilah Khasiat dan Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan
Sumber: MorindaGold.com

Penasaran apa saja manfaat mengkudu untuk kesehatan? Berikut pembahasannya.

#1. Manfaat Mengkudu untuk Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu kandungan gizi yang terdapat dalam buah mengkudu adalah scopoletin. Kandungan tersebut bersifat anti jamur, anti bakteri, anti histamin, dan anti inflamasi, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pengkonsumsinya.

Sistem imun atau kekebalan tubuh yang baik tentu sangat berdampak positif terhadap kesehatan kita. Sedangkan jika sistem kekebalan tubuh dalam keadaan lemah, maka tubuh kita dapat dengan mudah diserang oleh berbagai macam penyakit.

#2. Manfaat Mengkudu untuk Menurunkan Demam

Buah mengkudu telah melewati beragam penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa buah ini sangat bermanfaat untuk menurunkan demam, menghilangkan batuk, serta meredakan pegal linu.

#3. Manfaat Mengkudu untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Di Universitas Hindia Barat, pernah dilakukan sebuah riset mengenai buah Mengkudu. Hasil dari riset tersebut menyatakan bahwa buah ini merupakan penurun kadar gula dalam darah yang sangat baik. Oleh karena Mengkudu terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes.

#4. Manfaat Mengkudu untuk Menurunkan Kolesterol

Merokok merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Sebanyak 132 perokok berat pernah berpartisipasi dalam penelitian manfaat mengkudu untuk menurunkan kolesterol.

Dalam penelitiannya, para peserta diminta untuk mengkonsumsi jus buah mengkudu secara rutin. Hasilnya pun mengagumkan. Hanya dengan mengkonsumsi 29 hingga 188 ml jus mengkudu saja ternyata mampu menurunkan kadar kolestrol dalam jumlah yang besar.

Lebih dari itu, jus mengkudu ini juga ternyata mampu meningkatkan kadar lipoprotein berkepadatan tinggi. Lipoprotein berkepadatan tinggi sendiri adalah bentuk kolesterol yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

#5. Manfaat Mengkudu untuk Mencegah Kanker

Buah mengkudu diketahui memiliki kandungan zat anti kanker. Jika dibandingkan dengan zat anti kanker lainnya, kandungan yang terdapat pada mengkudu disebut-sebut paling efektif dalam melawan sel-sel abnormal.

Selain itu, kandungan antioksidan diketahui mampu melawan risiko terhadap penyakit kanker dan tumor. Hal ini terbukti dalam penelitian yang didanai oleh National Cancer Institute mengenai khasiat mengkudu dalam mencegah dan mengatasi kanker payudara.

#6. Manfaat Mengkudu untuk Mencegah Kerusakan Akibat Stroke

Penyakit stroke dapat memicu berbagai kerusakan, khususnya pada syaraf otak. Namun ternyata, hal tersebut dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Buah ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mencegah kerusakan yang timbul akibat penyakit stroke.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kobe Gakuin Jepang menguji coba manfaat buah mengkudu pada hewan yang mengalami gangguan aliran darah sementara ke otak. Alhasil, kerusakan syaraf yang timbul akibatnya ternyata dapat ditekan dengan sangat baik.

#7. Manfaat Mengkudu untuk Menghilangkan Stres

Depresi menjadi keluhan yang amat sering dialami oleh orang-orang di era globalisasi ini. Berbagai masalah hati dan pikiran, menjadi penyebab utama mengapa hal ini bisa terjadi. Mulai dari masalah pekerjaan, rumah tangga, hingga ekonomi.

Siapa sangka, ternyata buah mengkudu bisa menjadi solusi dalam hal ini. Menurut Byron J. Richards yang merupakan ahli nutrisi klinis,  jus mengkudu dapat mengatasi stres serta mengurangi dampaknya pada fungsi otak.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *